SMK Bagian Penting Pendidikan di Indonesia

SMK Bagian Penting Pendidikan di Indonesia

Posted on

articlia.com – Hari kedua simposium Asia-oceania Taipei Jumat (24/3) menghadirkan Keynote Speech dari Yu-Chen Chiu dari Kementrian Pendidikan Republik China. Yu-Chen Chiu menyampaikan perihal pentingnya kerjasama antara Indonesia dan Taiwan di bidang pendidikan. ’’Harapannya semakin banyak lagi pelajar Indonesia yang akan menimba ilmu di Taiwan,’’ paparnya.

Pada panel 1, dengan tema Pemetaan Permasalah Sektor Pendidikan di Indonesia, hadir pembicara, Ferdiansyah wakil ketua komisi X DPR-RI, Arief Suditomo selaku anggota komisi VIII DPR RI, dan Erry Ricardo Nurzal Kepala Biro Perencanaan Kemenristekdikti.

Narasumber pertama, Ferdiansyah menekankan bahwa ada tiga permasalahan utama dalam pendidikan di Indonesia, yaitu pemerataan akses, mutu dan relevansi, serta akuntabilitas dan tata kelola pendidikan.

Sementara itu, Arief Suditomo lebih memfokuskan pada cara pandang dalam menghadapi permasalahan pendidikan di Indonesia. Arief juga menyampaikan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi bagian penting dari pendidikan di Indonesia dan bisa menjadi solusi untuk permasalahan pendidikan di Indonesia.

Pada panel 2 dengan tema tantangan global dan regional dalam menyiapkan tenaga kerja yang berdaya saing, hadir beberapa pembicara, yaitu http://www.pelajaransekolahonline.com/2017/08/rumus-skala-peta-dan-cara-menghitung-skala-pada-peta.html Maria Indira Aryani (pemenang call for paper), Imdadun Rahmat, Ketua Komisi Nasional HAM Republik Indonesia, Akhyari Hananto-pendiri Good News From Indonesia (GNFI), dan Paramitaningrum, alumnus pelajar Indonesia di Taiwan yang mengajar di Universitas Bina Nusantara.

Pada panel ketiga, topik kontribusi diaspora Indonesia menjadi bahan diskusi panel yang menghadirkan narasumber Gilang Mukti Rukmana (pemenang Call for Paper), Nangkula Utaberta Ph.D, Presiden WARIS, dan Haris Kusworo yang merupakan peneliti dari Parameter Nusantara.

Prof Nangkula, pengasuh Warisan Alam Budaya dan Reka Bentuk Islam (WARIS) research goup menekankan budaya riset bersama. “Agar anggota lebih mudah menyelesaikan riset karena banyak ide kreatif” papar arsitek yang menyelesaikan gelar Master nya dalam waktu 6 bulan ini.

Demikian informasi tentang SMK Bagian Penting Pendidikan di Indonesia . Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca juga artikel tentang pendidikan lainnya :