sejarah-singkat-seni-musik

Sejarah Singkat Seni Musik

Posted on

articlia.com – Seni musik merupakan seni yang paling sering kita jumpai, bahkan hampir setiap hari kita mendengarkan musik. Musik menjadi salah satu media hiburan. Berikut beberapa pengerian musik menurut beberapa ahli:

sejarah-singkat-seni-musik

– Ki Hajar Dewantara. Menurut beliau seni merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia.

– Prof. Drs. Suwaji Bastomi. Menurutnya Seni merpakan aktifitas batin dengan pengalaman estetik yang dinyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.

– Drs. Sudarmadji. Menurut beiau seni merupakan segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

– Ensiklopedia Indonesia. Menurut ensiklopedia Indonesia, seni merupakan penviptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarkannya.

Seni musik, merupakan seni yang berupa bunyi yang dapat diterima oleh setiap orang dan berbeda – beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera orang. Musik mempunyai beberapa definisi:

– Bunyi atau kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengaran.
– suatu karya senidengan segenap unsur pokok serta pendudkungnya.
– Semua bunyi yang dihasilkan dengan sengaja oleh seseorang atau sekumpulan dan disajikan sebagai musik.

Menurut beberapa orang musik sama sekali tidak berwujud. Menurut Aristteles, musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi reaktif serta menumbuhkan jiwa patriotisme. David Ewen mencatat suatu definisi tentang musik yang dibuat oleh seorang penyusun kamus sebagai Ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritkmik dari nada Рnada, baik vokal maupun instrumental yang meluputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama dalam aspek emosional Panca Indera Manusia

Musik mempunyai berbagai jenis aliran atau genre, dan setiap genre terbagi dalam beberapa sub-genre. Pembagian kategori musik seperti ini kadang dianggap hal yang subjektif akan tetapi ini merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia. Dunia musik mengalam banyak perkembangan, banyak jenis musik baru yang muncul dan berkembang. Bahkan sekarang banyak grup musik yang membawakan lagu daerah diiringi musik Rock, Jazz dan Blues. Salah sau band yang mengusung aliran ini ialah Funk de Java yang membawakan lagu berbahasa Jawa dengan diiringi musik Rock.

Musik berkembang sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi, di Tingkok dan Mesir terdapat musik dengan bentuk tertentu . Dengan pengaruh dari Mesir dan Babilon maka berkembangkalh musik Hibrani yang kemudian hari berkembang menjadi musik gereja. Musik itu disenangi oelh masyarakat kerena ada pemain musik yang mengembara dan menyanyikan lagu yang dipakai pada upacara gereja. Seiring berjalannya waktu musik terus berkembang dan alat – alat musik terus diperbaiki. Lalu munculah alat musik orgel serta komponis bsar bermumculan di berbagai negara seperti Jerman, Prancis, Italia dan Rusia. Di abad ke-19 rasa kebangsaan mulai muncul dan seni musik mulai terpecah menurut bangsanya masing – masing. Awalnya musik bernuansa Romantik dan mulai abad-20 Paris menjadi pelopor dengan musik Impresionistis yang segera deganti dengan Ekspresionistis.

Berkembangan musik d bagi dalam enam zaman:

– Zaman Abad Pertengahan
Zaman ini terjadi antara berakhirnya kerajaan Romawi tahun 476 M sampai Zaman Reformasi agama Kristen oleh Marthen Luther pada tahun 1572 M. Musik berkembang pada zaman ini karena terjadinya perubahan pada perkembangan dunia yang makin meningkat dan menyebabkan penemuan terbaru dalam berbagai bidang. Perkembangannya dalam dunia musik tidak lagi dititik beratkan pada kepentingan keagamaan akan tetapi digunakan juga dalam kepentingan duniawi sebagai media hiburan.Selanjutnya adanya perbaikan dalam penulisan musik dan teori dasar musik.

– Zaman Renaisance pada tahun 1500 +- 1600
Zaman ini terjadi setelah abad Pertengahan, Zaman ini berarti Kelahiran Kembalitingkat kebudayaan tinggi yang telah hilang pada zaman Romawi.Musik dipelajari dengan ciri khusus disetiap jenisnya dan pada zaman ini musik gereja mengalami kemunduran. Pada zaman ini piano dan organ sudh dikenal sehingga lahirlah musik Intrumental dan munculah seni opera yang berkembang dikota Florence.

– Zaman Barok dan Rokoko
Pada zaman pertengahan musik berkembang dengan ditandai oleh munculnya aliran musik baru diantaranya Barok dan Rokoko. Kedua aliran ini nyaris sama sifatnya yakni dengan dipakainya hiasan musik atau Ornamentik. Pebedaannya hanya hiasan musiknya, dalam Barok ornamentik dilakuakn spontan oleh komponis dan dalam Rokoko ornamentik ditulis atau dicatat oleh komponis.

– Zaman Klasik tahun 1750 – 1820
Zaman ini terjadi setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko. ciri musik pada zaman ini ialah penggunaan dinamika dari keras menjadi lembut, Crassendo dan Decrasscendo, perubahan tempo dengan semakin cepat atai accelerando dan semakin lembut atau ritarteando, pemakaian ornamentik yang dibatasi dan penggunaan accord 3 nada.

– Zaman Romantik tahun 1820 – 1900
Pada Zaman ini musik romantic mulai berkembang, musik romantic sangat mementingkan perasaan yang subyektif. Tidak hanya digunakan untuk mencapai keindahan nada – nada namun musik juga digunakan untuk mengungkapkan perasaan karenanya dinamika dan tempo banyak dipakai.

– Zaman Modern tahun 1900 – sekarang
Pada zaman ini Musik tidak lagi mengakui adnya hukum dan peraturan, karena kemajuan ilmu dan teknologi yang semakin pesat. Dizaman ini orang ingin mengungkapkan sesuat dengan bebas.

Baca Lainnya: