pulau-wayag-di-raja-ampat-papua

Pesona dan Eksotisme Pulau Wayag di Raja Ampat Papua

Posted on

articlia.com – Pulau yang terletak di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat ini merupakan surga diving dan snorkeling terbaik di Raja Ampat. Untuk dapat mencapai pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh karena lokasinya terletak di ujung Papua. Pulau Wayag menawarkan air laut yang sangat jernih, keindahan ikan yang berenang di alam bawah lautnya, serta terumbu karang yang menjadi bagian dari ekosistem laut di Raja Ampat.

pulau-wayag-di-raja-ampat-papua

Panorama Indah Pulau Wayag

Pulau Wayag terkenal akan lautnya yang berwarna biru muda dan biru tua dengan beberapa pulau kapur yang terbentang secara harmonis. Pepohonan yang tumbuh di atas pulau – pulau kapur tersebut membuatnya terlihat seperti gunung – gunung kecil yang berwarna kehijauan. Anda dapat mendaki Pulau Karang yang cukup terjal ini untuk melihat keindahan pemandangan alam Raja Ampat dari atas ketinggian. Pemandangan alam yang menakjubkan tersebut terlihat seperti yang ada di wisata Halong Bay Vietnam.

Transportasi Pulau Wayag

Untuk menikmati wisata Pulau Wayag di Raja Ampat memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi pengunjung yang berasal dari luar Papua, Anda dapat menggunakan transportasi udara dengan tujuan Bandara Domine Eduard Osok (DEO). Kemudian, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Perikanan Sorong menggunakkan angkutan kota (angkot), taksi, ojek, atau kendaraan sewaan. Setiba di pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Waisai atau langsung ke Pulau Wayag menggunakan kapal motor sewaan dari Sorong dengan biaya Rp 9 juta per hari selama 4 hingga 5 jam.

Resort dan Penginapan

Pulau Wayag tidak menyediakan penginapan sama sekali. Apabila ingin bermalam di Pulau ini, maka Anda harus membawa peralatan berkemah. Alternatif lainnya, Anda dapat mencari penginapan di beberapa pulau terdekat, misalnya saja Pulau Waigeo. Pulau Wayag termasuk ke dalam kawasan konservasi di Raja Ampat. Sehingga untuk memasukinya, Anda harus mendapatkan ijin masuk terlebih dahulu dengan biaya sebesar Rp 250 ribu untuk turis domestik dan Rp 500 ribu bagi wisatawan asing. Izin masuk ke kawasan konservasi ini berupa pin yang dapat dibeli di Hotel JE Meridien yang lokasinya persis di seberang Bandara Dominik Eduard Osok, Sorong.  Dengan menggunakan pin ini, Anda bebas memasuki kawasan Raja Ampat selama satu tahun.

Untuk keperluan menginap, Anda dapat mencari penginapan di Waisai yang menyediakan banyak resort dan penginapan murah, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Raja Ampat Dive Resort. Merupakan resort yang dibangun di antara hutan pulau Waigeo dengan pepohonan bakau yang hijau dan bersih.
  2. Penginapan Acropora. Tempat penginapan ini merupakan milik dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat.
  3. Kri Eco Resort dan Sorido Bay Resort. Merupakan resort yang terletak di Pulau Kri dengan lokasi yang bersebelahan.
  4. Raja Ampat Dive Lodge. Tterletak di Pulau Mansuar.
  5. Papua Paradise Eco Resort. Resort ini berada di Pulau Birie, pulai ini adalah pulau yang tidak ada penghuninya.

Baca Juga >>>