Mutu Pendidikan Indonesia

Fakta yang Menyebabkan Mutu Pendidikan Indonesia Berkurang

Posted on

Fakta yang Menyebabkan Mutu Pendidikan Indonesia Berkurang

articlia.com – Mutu pendidikan suatu negara memang menjadi cermin kehidupan masyarakat didalam negara tersebut. Negara yang punya pendidikan dengan kualitas baik kemungkinan besar taraf kehidupan masyarakat didalamnya juga baik.

Kita lihat saja Jepang dengan metode pendidikannya. Metode pendidikan yang ada di Jepang sendiri memang menjadi metode pendidikan yang sangat menarik untuk diikuti karena sangat terstruktur, terarah dan juga tertata dengan sangat baik. Sebenarnya Indonesia dapat menerapkan struktur pendidikan seperti yang beredar di Jepang, hanya saja yang perlu dibenahi dulu adalah sistemnya dan juga perangkat pendidikan yang berpengaruh. Itu yang sebenarnya menjadi kunci suksesnya pendidikan yang ada di Indonesia. Dan seperti yang kita tahu pendidikan di Indonesia masih tidak dapat berlaku demikian. Bahkan faktanya mutu pendidikan Indonesia memang masih sangat kurang. Berikut informasinya untuk Anda.

Fakta yang Menyebabkan Mutu Pendidikan Indonesia Berkurang

Pembelajaran terpaku hanya pada buku

Ya, sebagaimana yang kita tahu sebelumnya bahwa pendidikan di Indonesia punya sistem pendidikan yang hanya terpaku pada buku. Ini sebenarnya yang menjadi sebuah persepsi yang perlu diubah. Sebuah buku memang sangat diperlukan sebagai bagian dari proses belajar mengajar hanya saja tidak bisa dijadikan substansi baku pada pembelajaran karena sumber – sumber lain yang jauh lebih luas harus didapatkan. Pembelajaran melalui internet bahkan lingkungan harus mulai diapresiasi oleh tenaga pendidik. Sehingga dengan demikian semua aspek yang berkaitan dengan kehidupan harus sudah dijadikan salah satu sumber pembelajaran yang sangat penting.

Penerapan pembelajaran dengan metode ceramah

Sampai saat ini fenomena pembelajaran yang dilakukan di Indonesia yaitu dengan menggunakan metode ceramah dimana guru yang mendominasi dalam pembelajaran. Peran guru dalam pembelajaran memang sangat penting namun ketika guru mendominasi tentu akan membuat murid jadi tidak aktif dalam pembelajaran dan tentu hal ini akan menjadikan murid tidak punya rasa percaya diri untuk meningkatkan kreatifitas dan daya kemampuan berpikirnya didalam kelas karena sudah didominasi oleh guru. http://bit.do/cSSG2 Dan ini sebenarnya yang harus mulai diperbaiki. Harusnya murid yang lebih aktif dan guru punya peran dalam mendampingi pembelajaran murid. Sistem diskusi antara murid dan guru rasanya akan menjadi metode yang lebih tepat dijalankan.

Kurangnya sarana belajar

Fasilitas memang turut menjadi penunjang didalam kegiatan belajar mengajar. Jika memang tekad belajar sudah bulat akan tetapi tidak didukung dengan fasilitas, tentu ini juga akan menjadi hal yang sia – sia. Karena itu ada baiknya pemerintah mendukung program pembelajaran agar  tarafnya semakin baik dengan memberikan sarana belajar yang tepat dan lengkap.

Jadi seharusnya guru, pemerintah dan orang tua sama – sama turut andil dalam meningkatkan kualitas sistem pendidikan di Indonesia. Semoga informasi diatas tentang Fakta yang Menyebabkan Mutu Pendidikan Indonesia Berkurang bermanfaat.

Baca juga artikel tentang pendidikan lainnya :