Edukasi Anak Mengenai Seks
Edukasi Anak Mengenai Seks

Edukasi Anak Mengenai Seks, Begini Caranya!

Posted on

Edukasi Anak Mengenai Seks, Begini Caranya!

 

Bagaimana sih cara mendidik anak tentang seks, bund? Clara Kriswanto adalah seorang psikolog Jagadnita Consulting mengatakan bahwasannya pendidikan mengenai seks ini tidak hanya diperlukan setelah sih anak memasuki usia akil balik saja, atau masa pra remaja lho, akan tetapi dalam bukunya seks, es krim dan juga kopi susu, mengingatkan bahwasannya pendidikan seks bagi anak-anak tersebut haruslah dimulai sejak usia dini, bahkan sejak usia 0 hingga 5 tahun atau masa balita. Dan proses tersebut nantinya akan berlangsung sampai anak mencapai pada tahapan remaja akhir.

Edukasi Anak Mengenai Seks

Alasan pendidikan seks ditanamkan sejak dini

Mungkin saja bagi sebagian orangtua juga ada yang masih bertanya-tanya tentang apa sih alasan yang paling mendasar tentang pentingnya pendidikan seks tersebut harus ditanamkan sejak anak usia dini. Yang mana alasan utama dari pendidikan seks ditanamkan seja dini ini ternyata akan memudahkan sih anak untuk mengembangkan harga dirinya, serta kepercayaan diri, kepribadian yang sehat, dan juga penerimaan diri yang positif.

Nah, di sinilah peranan bagi orangtua nantinya benar-benar penting sekali. Anda lah yang paling kenal kebutuhkan sih anak, paling tahu perubahan dan juga perkembangan pada diri sih anak, serta dapat memberikan pendidikan seks secara alami sesuai pada tahapan perkembangan yang terjadi.

Beberapa hal seperti di bawah ini, yang menurut Clara dapat dikembangkan menuju pada perilaku yang menjunjung sopan santun dan juga peduli pada moral serta etika. Yang pastinya akan sangat berguna sekali di dalam perkembangan konsep dan citra diri positif pada anak di dalam kehidupan sosialnya nanti.

 

Cara mengenalkan seks pada anak anak

 

  • Silakan Anda ajak sih anak untuk kenali bagian tubuhnya dan jelaskan apa fungsi dari setiap bagian dengan bahasa yang sederhana. Katakana saja bahwa tubuhnya adalah karunia yang sangat berharga sekali sehingga harus dijaga dengan baik.
  • Bangunlah kebiasaan yang positif. Contohnya saja dengan tidak mengganti bajunya di tempat yang terbuka, tidak buang air kecil di sembarangan tempat, dan lain sebagainya.
  • Tanamkan juga akan pentingnya menjaga organ tubuh tertentu, seperti halnya alat vital dari sentuhan orang lain. Pasti saja juga disertai dengan penjelasan sederhana yang dapat dia terima dan mengerti dengan baik.
  • Membiasakan anak untuk berpakaian sesuai identitas kelaminnya sejak usia dini. Ada banyak kelalaian orangtua untuk hal satu ini. Mereka menjadikan anak wanita jadi tomboy dan anak pria jadi lebih feminim. Pada kondisi yang ekstrem, sih anak bahkan dapat alami kebingungan identitas seksualnya.

 

Nah, itulah sekilas informasi tentang edukasi anak mengenai seks yang bisa kami bagikan. Semoga saja bermanfaat. Sebagian Referensi Dikutip Dari http://www.sekolahbahasainggris.com/

 

Baca Juga >>>