Dampak Positif PR Bagi Peserta Didik
Dampak Positif PR Bagi Peserta Didik

Dampak Positif PR Bagi Peserta Didik

Posted on

Dampak Positif PR Bagi Peserta Didik

 

articlia.com – Pemberikan tugas yang nantinya di kerjakan di rumah atau yang lebih dikenal dengan nama PR (pekerjaan rumah) ini ternyata memiliki dua sisi bagi peserta didik atau siswa, yakni sisi yang positif dan juga sisi yang negative, akan tetapi pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi informasi tentang sisi positif dari pekerjaan rumah tersebut bagi perserta didik.

Dampak Positif PR Bagi Peserta Didik

Seorang psikolog pendidikan telah menyebutkan bahwasannya bila siswa diberikan PR atau pekerjaan rumah dengan durasi belajar yang tepat, maka PR tersebut nantinya akan memilili banyak sekali sisi yang posistifnya. Walaupun demikian, pada kenyataannya di lapangan telah menunjukkan bahwasannya sekarang ini pemberian PR tersebut sudah bisa dikatakan tidak tepat lagi sesuai porsinya. Yang mana sebuat studi yang telah dilakukan oleh sekolah dasar (SD) menyebutkan bahwa anak-anak yanga da pada tingkatan sekota dasar sekarang ini mempunyai terlalu banyak PR yang wajin mereka kejrakan. Nah, lewat kondisi yang seperti inilah, mari telusuri lebih lanjut lagi dampak dari pemberian PR pada peserta didik dari segi positif.

Ini dampak positif PR bagi peserta didik

 

Siswa bisa bagi waktu secara efektif antar waktu belajar dan bermain

Adanya pekerjaan rumah (PR) bisa jadi pemicu bagi para peserta didik untuk lebih bertanggung jawab di dalam mengatur waktunya dengan sangat baik. mereka nantinya akan belajar dalam membagi waktu antara waktu bermain dengan waktu belajar. Dengan begitu peserta didik akan menyadari betapa berharga waktu serta tak akan sia-siakan waktu untuk hal-hal yang tidak penting.

Peserta didik bisa mereview pelajaran di sekolah

PR juga dapat jadi bahan review pelajaran di sekolah, salah satu pelajaran yang mudah diingat adalah pancasila dalam bahasa inggris juga peserta didik belajar mengingat apa yang sebelumnya mereka pelajari di sekolah lewat PR yang telah diberikan guru, sehingga daya memori peserta didik akan materi tersebut jadi lebih kuat lagi.

Mengecek pemahaman peserta didik pada apa yang dipelajari di sekolah

PR juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan evaluasi bagi siswa untuk mengetahui kemampuannya di dalam memahami apa yang sebelumnya mereka pelajari di sekolah.

PR adalah wadah untuk eksplore pengetahuan peserta didik

Mengerjakan PR bisa memperluas pengetahuan bagi siswa untuk dapat menggali lebih dalam lagi tentang apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Terkadang apa yang ada pada tugs PRnya tersebut adalah materi pengayaan yang mana mencariannya butuh jawaban di luar apa yang telah ada di dalam buku yang dimiliki, akan tetapi masih mempunyai keterkaitan dengan materi.

Demikianlah beberapa informasi tentang dampak positif PR bagi peserta didik, dan seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa PR tak hanya memiliki dampak positif akan tetapi ada pula dampak negatifnya, simak pada artikel ini, Dampak Negatif PR Bagi Peserta Didik.

 

Baca Juga >>>