bersantai-di-lokasi-kebun-raya-bogor

20 Tempat Wisata Paling Terkenal di Bogor dan Wajib Anda Kunjungi

Posted on

articlia.com – Kota Bogor dijuluki sebagai Kota Hujan karena mempunyai curah hujan yang sangat tinggi. Curah hujan yang termasuk tinggi ini membuat udara di kota Bogor menjadi sangat sejuk dan cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Berikut ini adalah 20 tempat obyek paling terkenal di Bogor yang wajib Anda kunjungi.

  1. Situ Gede

Situ Gede menjadi tujuan wisata alam yang paling terkenal di kota Bogor. Anda dapat melakukan beragam aktivitas seperti memancing, mendayung perahu, serta menikmati sejuknya udara hutan. Situ Gede juga sering digunakan sebagai lokasi untuk syuting.

  1. Taman Budaya Sentul

Taman yang terletak di Sentul ini berada di areal lahan yang luas serta memiliki fasilitas perkemahan dan pertemuan dengan balutan suasana yang nyaman. Di sini, Anda dapat melakukan beberapa giatan outbound seperti high ropes, fun games, paintball, dan trekking, serta mengajak anak untuk melukis, membatik, maupun membuat keramik.

  1. Air Panas Ciparay

Tempat wisata yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini memiliki fasilitas berupa kolam pemandian, saung untuk bersantai, serta berbagai warung yang menawarkan hidangan teh manis, kopi, indomie rebus, hingga makanan ringan.

  1. Warso Farm

Bagi pecinta durian, obyek wisata wajib untuk Anda kunjungi karena memiliki lahan perkebunan seluas 8,5 hektar yang ditanami sedikitnya 900 pohon durian. Terdapat 19 jenis durian yang ditanam di Warso Farm. Anda juga dapat memetik durian langsung dari pohonnya..

  1. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung yang telah berdiri sejak abad ke – 12 ini merupakan keraton tempat tinggal dari salah satu isteri prabu Siliwangi. Di sini, Anda dapat melihat bangunan rumah Sindang Barang di masa lampau, panggung pementasan, serta citra kasepuhan Sunda di masa lalu.

  1. Prasasti Batu Tulis

Peninggalan Kerajaan Pajajaran yang dibuat pada tahun 1521 – 1535 di masa pemerintahan Surawisesa ini berisi kalimat – kalimat dengan bahasa dan aksara Sunda Kuno. Di sini, Anda juga dapat melihat Batu Tapak (bekas telapak kaki Prabu Surawisesa), batu sandaran tahta untuk raja yang dilantik, meja batu tempat sesajen, batu lingga, serta lima buah tonggak batu yang menjadi punakawan (pengiring – penjaga – emban) dari batu lingga.

  1. The Jungle Water Adventure

Tempat wisata yang dibangun dengan konsep terbuka hijau dan berlatar pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango ini menawarkan beberapa waterboom dan wahana air seperti Kiddie Pool, Racer Slide, Slide Pool, Spiral Slide, hingga Tube Slide..

  1. The Highland Park Resort

Sebuah resort yang berbentuk seperti tenda ini bagian dalamnya mempunyai lantai keramik permanen, tempat tidur, fasilitas AC, sofa bed, wastafel, shower, hingga toilet. Di sini, Anda juga dapat bermain flying fox, futsal, berkuda, ataupun berenang.

  1. Marcopolo Water Adventure

Tempat wisata ini memiliki wahana permainan air, seperti waterboom, banana boat, ember tumpah, geitser, air mancur, dan lain sebagainya dengan beragam kolam permainan air, misalnya saja kolam dewasakolam bayi, , kolam anak, kolam pasir, kolam arus, dan kolam air hangat (whirpool).

  1. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia memiliki 2.500 spesies satwa sehingga Anda dapat mengenalkan tentang keragaman fauna yang terdapat di Indonesia dan dunia kepada si kecil. Di sana juga tersedia Baby Zoo bagi Anda yang ingin berfoto dengan hewan.

  1. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari memiliki banyak kegiatan outbond yang dapat dilakukan seperti flying fox, arung jeram, mini outbond, mengendarai ATV, hingga rumah hantu. Anda juga dapat mengajak anak – anak ke area sawah ataupun kebun sayuran.

  1. Agro Gunung Mas

Hamparan perkebunan teh yang sangat luas membuat Agro Gunung Mas tampak seperti permadani hijau yang cantik. Anda juga dapat melihat kegiatan berkebun langsung dari pemetik daun teh.

  1. Taman Riung Gunung

Taman yang menawarkan hijaunya hamparan kebun teh serta kesegaran udaranya ini memiliki fasilitas berupa tempat bermain anak, kolam renang, dan area berkemah di alam terbuka.

  1. Taman Wisata Mekarsari

Mekarsari merupakan salah satu taman wisata buah yang paling besar di Indonesia. Mekarsari memiliki sedikitnya 1.470 jenis tanaman buah dengan ratusan ribu pohon yang ditanam di lahan seluas 264 hektar ini. Tidak hanya untuk rekreasi, Taman Mekarsari juga sangat cocok untuk tempat konservasi dan juga edukasi.

  1. Gunung Pancar

Gunung Pancar dapat menjadi tujuan berpiknik serta melakukan kegiatan lain seperti berkemah, hiking, bersepeda, hingga berkuda. Anda juga dapat mengunjungi pemandian air panas yang mempunyai sumber air panas alami di Gunung Pancar.

  1. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari terletak di Sentul Paradise Park. Air terjun yang mempunyai ketinggian 75 meter ini memiliki sumber air yang berasal dari hutan lindung di sekitar kawasan tersebut. Limpahan air dari air terjun kemudian dijadikan sebagai kolam pemandian, seperti kolam arus, Wave Pool, serta Lazy Pool yang dibuat khusus untuk anak – anak.

  1. JungleLand Adventure Theme Park

Tempat wisata yang berdiri di atas lahan seluas 35 Hektar ini memiliki lebih dari 31 wahana dengan ragam atraksi yang menarik. Di sini juga terdapat berbagai menu kuliner yang disajikan oleh cafe dan resto di kawasan JungleLand Adventure Theme Park.

  1. Kebun Raya Bogordan Istana Bogor

bersantai-di-lokasi-kebun-raya-bogor

Indonesia memiliki dua jenis kebun raya yang populer yakni Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Purwodadi di Jawa Timur. Di Kebun Raya Bogor, Anda dapat menikmati udaranya yang sejuk sembari mengamati beragam jenis flora yang tumbuh di sana.

Istana Bogor merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kebun Raya Bogor. Istana yang awalnya bernama Istana Buitenzorg ini menyimpan banyak benda seni, mulai dari lukisan, keramik, patung, dan lain sebagainya. Sedikitnya ada 448 buah lukisan dan 216 buah patung yang disimpan di Istana Bogor.

  1. Museum Etnobotani

pemandangan-indah-di-istana-bogor

Museum yang resmi dibuka pada tahun 1982 oleh BJ Habibie ini menyimpan koleksi sedikitnya 1700 benda yang dipamerkan di dalam ruang kaca. Di museum ini, Anda dapat belajar mengenai pemanfaatan tumbuhan oleh suku bangsa di Indonesia. Salah satunya adalah pakaian suku pedalaman di Indonesia yang terbuat dari tumbuhan.

  1. Museum Pembela Tanah Air

Museum yang menceritakan tentang kisah perjuangan Pembela Tanah Air (PETA) dalam menuju Indonesia merdeka ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk belajar sejarah. Hal tersebut penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme generasi muda Indonesia di tengah gempuran arus zaman yang semakin melunturkan rasa kebangsaan mereka.

Baca Juga >>>