monumen-nasional-monas-jakarta-di-malam-hari

16 Obyek Wisata Paling Populer di Jakarta Yang Harus Anda Kunjungi

Posted on

articlia.com – Meski terkenal dengan biaya hidupnya yang mahal, namun Jakarta mempunyai banyak tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi, salah satunya adalah pantai. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata pantai terpopuler di Jakarta yang wajib untuk Anda kunjungi.

  1. Taman Ismail Marzuki

Kawasan seni dan budaya yang terletak di Jalan Cikini Raya ini di dalamnya terdapat galeri, gedung arsip, balai pameran, bioskop, 6 teater modern, Planetarium, serta sekolah seni yakni Institut Kesenian Jakarta. Taman Ismail Marzuki selalu mengadakan berbagai acara pentas seni secara rutin, seperti pertunjukan wayang, drama, puisi, tari, lukisan, musik, dan film.

  1. Museum Nasional

Museum yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat ini memiliki ciri khas berupa sebuah patung gajah pemberian Raja Thailand yang terbuat dari perunggu. Museum ini memiliki lebih dari 140,000 koleksi peninggalan sejarah seperti keramik, prasasti, alat musik tradisional, barang – barang perunggu, patung, tengkorak manusia purba, tekstil, wayang kulit, perhiasan kuno, dan lain sebagainya.

  1. Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang mempunyai banyak toko yang akan tutup saat magrib tiba. Jika ingin menikmati pengalaman berbelanja yang nyaman, Anda sebaiknya datang saat hari kerja agar tidak penuh sesak. Pasar Tanah Abang menawarkan berbagai barang dengan harga yang relatif murah.

  1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

monumen-nasional-monas-jakarta-di-malam-hari

Monumen yang memiliki tinggi 132 meter dengan mahkota obor api di puncaknya ini menawarkan pengalaman untuk melihat pemandangan Jakarta secara leluasa melalui pelataran puncaknya serta Museum Sejarah Nasional yang berada di bagian bawah. Tempat wisata ini juga sering digunakan sebagai tempat olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda.

  1. Kepulauan Seribu

kapal-di-kepulauan-seribu

Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata paling favorit di sekitar Jakarta karena jaraknya yang dekat. Anda hanya perlu menyeberang menggunakan perahu untuk dapat menikmati keindahan pantai di Kepulauan Seribu. Sesuai dengan namanya, Kepulauan Seribu mempunyai banyak pulau, seperti Pulau Bidadari,  Pulau Putri, Pulau Tidung, Pulau Ayer, Pulau Pantara, Pulau Sepa, dan masih banyak lagi.

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia dengan lahan seluas 150 hektar. Di sini terdapat sebuah danau dengan miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang hingga Merauke, kebudayaan khas tiap provinsi di Indonesia, tempat ibadah untuk semua agama yang sah di Indonesia, berbagai museum, teater, sarana rekreasi, dan lain sebagainya. Taman wisata yang telah diresmikan dan dibuka tanggal 20 April 1975 ini mempunyai maskot berupa tokoh wayang Hanoman yang diberi nama NITRA (Anjani Putra).

  1. Ancol Dreamland

Taman rekreasi yang berada di kawasan Jakarta Utara ini terdiri dari banyak zona seperti pantai pribadi, Gelanggang Samudera, Atlantis, Dunia Fantasi, dan Ocean Ecopark. Di sini juga terdapat Pasar Seni, tempat wisata kuliner, serta penginapan. Di kawasan wisata ini, Anda dapat berekreasi sembari bersantai dan bermain, atau menyantap berbagai hidangan laut yang ditawarkan di resto – resto sekitar pantai.

  1. Pulau Tidung

Pulau Tidung terletak di dalam gugusan Kepulauan Seribu. Dalam bahasa setempat Tidung memiki arti yakni ‘berlindung’. Hal tersebut disebabkan karena menurut cerita, pulau Tidung awalnya menjadi tempat persembunyian dari kekejaman para bajak laut. Pulau Tidung mempunyai banyak fasilitas yang menyenangkan bagi para wisatawan, antara lain seperti jetski, kano, banana boat, serta donut boat. Yang menjadi kegiatan favorit di sini ialah menyelam dan snorkeling.

  1. Dufan (Dunia Fantasi)

Obyek wisata populer yang masih temasuk ke dalam bagian dari Ancol Dreamland atau Taman Impian Jaya Ancol ini berdiri i atas lahan seluas 9 hektar. Dunia Fantasi dibagi menjadi sejumlah spot dengan background beberapa negara besar di dunia, seperti Eropa, Amerika, dan Indonesia yang di dalamnya dilengkapi wahana bermain, seperti kolam renang ukuran besar dan fasilitas hiburan lainnya.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang yang awalnya berada di Cikini ini adalah kebun binatang yang pertama ada di Indonesia. Kebun binatang ini kemudian dipindahkan ke Jakarta Selatan pada tahun 1966. Di kebun binatang ini ada berbagai jenis binatang mulai dari mamalia, reptil, burung, dan lain sebagainya.

  1. Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan kuno yang pernah dijadikan sebagai pelabuhan utama dalam perdagangan internasional ini menjadi saksi kejayaan Jakarta atau Batavia pada masanya. Saat ini, pelabuhan ini digunakan sebagai tempat berlabuhnya kapal nelayan setempat. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi lokasi ini ialah pada sore hari menjelang senja. Untuk urusan kuliner, di sekitar tempat wisata tersebut terdapat berbagai warung makan yang menawarkan aneka olahan seafood yang tentunya enak dan lezat.

  1. Grand Indonesia Mall

Grand Indonesia ialah mall terbesar di Indonesia dan termasuk ke dalam daftar salah satu mall terbesar di Asia. Grand Indonesia terdiri atas dua bagian mall yakni mall timur dan mall barat. Gerai yang tersedia di Grand Indonesia mulai dari brand ternama Inggris hingga brand tradisional Indonesia bagi kalangan elit.

  1. Masjid Istiqlal

Masjid terbesar di  Asia Tenggara ini mempunyai total luas bangunan sekitar 2,5 hektar dan dapat menampung sedikitnya 200.000 orang jamaah. Masjid ini memiliki lima lantai yang sesuai dengan jumlah Rukun Islam, 12 tiang penyanggah kubah sesuai dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW, serta beragam seni kaligrafi yang membuatnya menjadi tampak terlihat semakin megah dan cantik.

  1. Gereja Katedral Jakarta

Gereja yang terletak di Jalan Katedral no 7B ini terkenal dengan desainnya yang bergaya Eropa kuno. Gereja ini terbuka untuk siapa saja yang ingin mengunjunginya. Gereja ini mempunyai sebuah museum di dalamnya yang diberi nama Museum Katedral, di mana museum ini pernah ditetapkan menjadi museum terbaik di Jakarta dengan kategori cagar budaya.

  1. Pasar Baru

Kawasan perdagangan yang telah berdiri sejak tahun 1820 ini merupakan pusat perbelanjaan paling tua di Jakarta. Toko – toko yang terdapat di Pasar Baru ini mempunyai bentuk seperti halnya bangunan di Eropa dan China. Toko tersebut menjual beragam barang dengan harga yang murah, mulai dari sepatu, pakaian, makanan, peralatan olahraga, kacamata, kain, batik, jam tangan, perlengkapan salon, hingga jasa penjahitan.

  1. Kota Tua Jakarta

Kota Tua terdiri atas sebagian wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, mulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Museum Bank Indonesia. Di kawasan ini, Anda dapat melihat beberapa bangunan tua dengan arsitektur khas Eropa kuno dan Tionghoa, menikmati beragam kuliner, menyewa sepeda onthel, atau menyaksikan pertunjukan seni jalanan.

Baca Juga >>>

7 Obyek Wisata Paling Menarik di Puncak Bogor Yang Wajib Anda Kunjungi